Tips Jitu Berjualan di Instagram

Media Sosial bukan lagi sekedar tempat untuk berbagi informasi ataupun membagikan kebahagiaan. Media sosial kini sudah menjadi ladang bisnis yang siapapun dapat gunakan untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya.

Di Indonesia sendiri sudah banyak masyarakat yang menggunakan media sosial seperti Facebook, Instargram, Twitter, dan lainnya untuk meningkatkan peluang bisnis mereka menjadi lebih besar. Sehingga saat ini media sosial tidak lagi hanya sekadar tempat berpamer-ria foto-foto liburan di Bali, tapi juga menjadi pembuka kesempatan untuk siapapun yang ingin berjualan.

Pada artikel ini Sobat Mbledos akan kami berikan tips-tips bila ingin memulai berjualan di salah satu media sosial favorit saat ini, Instagram.

1. Tentukan Audience

Sebelum memulai Sobat Mbledos harus mengetahui dengan spesifik siapa target penjualan dari produk yang Sobat Mbledos bawa. Hal ini berkaitan dengan konten yang akan dibuat di akun Instagram nantinya. Jika sudah mengetahui target audience, maka pembuatan konten akan menjadi lebih efisien dan tepat sasaran.

Jika target audience sudah spesifik maka akan lebih pula untuk kemudian menentukan brand voice melalui konten yang sudah disebutkan tadi. Hal ini akan bermanfaat di permulaan. Dengan begitu maka mengubah follower menjadi pembeli atau bahkan pelanggan akan lebih mudah.

2. Buat Akun Instagram Bisnis

Instagram memiliki beberapa jenis akun. Salah satunya adalah akun bisnis. Hal ini untuk meningkatkan kredibilitas akun Sobat Mbledos ketika sudah mulai aktif. Selain itu akun bisnis pada Instagram memiliki fitur yang tidak ada pada akun personal.

Dengan akun bisnis Instagram kalian dapat melihat tingkat traffic pengunjung di akun Sobat Mbledos hingga disetiap post Sobat Mbledos. Jangan lupa untuk membuat akun Facebook terlebih dahulu serta fanpage Facebook. Hal ini berkaitan dengan pembuatan akun bisnis di Instagram.

3. Buat Konten yang Menarik

Di awal berdirinya akun jualan/bisnis Sobat Mbledos, konten yang menarik sangatlah peting untuk meningkatkan brand awareness. Jika pengun.jung akun merasa bahwa konten yang disajikan menarik dan bermanfaat maka menarik minat mereka yang sebelumnya hanya melihat-lihat menajdi konsumen atau bahkan pelanggan akan menjadi lebih mudah.

Selain itu jangan lupakan aturan waktu dalam menampilkan post terbaru Sobat Mbledos. Memperhatikan hal tersebut berguna untuk membuat konten yang dibuat muncul pada timeline orang lain.

4. Gunakan Hashtag

Penggunaan hashtag tidak hanya membantu meingkatkan kesempatan konten yang Sobat Mbledos buat dilihat oleh pengguna lain. Hashtag juga berfungsi sebagai penegas jenis konten yang sudah dibuat, sehingga target audience yang dituju akan mudah didapatkan.

Namun jangan sembarangan dalam penggunaan hashtag ini. Pilih hashtag yang tepat, sesuaikan dengan produk/bisnis yang Sobat Mbledos jalankan. Penggunaan hashtag berlebihan juga tidak bagus dalam menghargai pengikut dari konten Sobat Mbledos.

5. Menawarkan Diskon atau Promo

Konsumen menyuaki sesuatu dengan embel-embel diskon. Hal ini akan menarik banyak calon konsumen dari akun-akun Instagram lainnya. Buat skema diskon pada produk atau bisnis Sobat Mbledos dengan mencantumkan harga lama dan harga setetalah di diskon.

Perhatikan tingkat traffic yang terjadi setelah adanya program diskon. Lakukan kembali bila dirasa itu meningkatkan jumlah penjualan serta menambah calon konsumen ataupun pelanggan tetap.

6. Manfaatkan Iklan

Terakhir adalah jangan lupa untuk manfaatkan iklan yang disediakan oleh Instagram. Dengan beriklan di Instagram maka akun bisnis Sobat Mbledos akan dimunculkan di halaman para pengguna lainnya sesuai dengan algoritma Instagram yang sedang berjalan.

Hal ini penting untuk mempromosikan akun Sobat Mbledos dan menarik calon konsumen baru. Serta iklan dapat meningkatkan brand awareness kepada para pengguna Instagram lainnya.