Bermitra Dengan Kami

SMART : Metode Mencapai Target

Sobat Mbledos pasti pernah berada dalam posisi penting di sebuah pekerjaan dan memiliki tanggung jawab untuk mencapai sebuah target besama tim yang Sobat Mbledos pimpin. Sobat Mbledos tentu paham bahwa sebuah proyek atau pekerjaan dibutuhkan metode-metode tertentu agar dapat mencapai target pencapaian yang sudah ditentukan.

            Pernah dengar istilah metode SMART? SMART merupakan kependekan dari Specific, Measurable, Achievable, Relevant dan Timebound. Metode ini muncul pertama kali saat management review di tahun 1981 oleh George T. Doran. Dikenal dengan nama metode SMART, adalah sebuah metode yang digunakan untuk menentukan target atau tujuan pencapaian sesuatu. Seiring berjalannya waktu, metode ini diadopsi oleh banyak orang karena sudah terbukti praktis dan mudah bagi siapa saja.

1. Spesicific  ( SPESIFIK)

            Target pekerjaan yang Sobat Mbledos lakukan haruslah dibuat secara spesifik. Buat target secara detail, jelas dan dapat dipaparkan dengan baik. Artinya suatu target yang secara khusus, bukan target yang dapat ditentukan secara umum. Cara sederhana untuk membuat target Anda lebih spesifik adalah dengan pertanyaan 5W (What, Why, Who, Where, Which)

  • What: Apa target yang inign dicapai?
  • Why: Mengapa target tersebut begitu penting? Tentukan alasan yang jelas
  • Who: Siapa saja yang memiliki peran untuk mencapai target?
  • Where: Di mana lokasi yang digunakan untuk mencapai target?
  • Which: Sumber daya apa yang ingin dilibatkan?

2. Measurable  (TERUKUR)

            Jika target sudah dijelaskan secara spesifik maka langkah selanjutnya adalah memiliki langkah terukur dalam mencapai target tersebut. Langkah yang terukur ini akan berkaitan erat dengan key performance indicator (KPI) sehingga akan mempermudah pengukuran bagi Sobat Mbledos. Hal tersebut dapat dilakukan dengan menjawab pertanyaan dibawah ini.

·         Berapa jumlah langkah yang diperlukan untuk menyelesaikan sebuah deadline?

·         Berapa jumlah minimal modal sebelum memulai proyek?

·         Pada titik apa sebuah proyek sudah memenuhi kriteria target sudah tercapai?

3. Achievable (DAPAT DIRAIH)

            Sobat Mbledos dalam menentukan target selain harus terukur dan spesifik namun juga harus realistis. Sobat Mbledos harus melihat apakah sumber daya yang dimiliki mampu untuk mencapai target tersebut atau tidak. Artinya target ini tidak boleh terlalu mudah, tetapi juga tidak boleh terlalu sulit.

            Dengan adanya Achievable ini, Sobat Mbledos dapat menilai apakah tujuan yang telah  dibuat tersebut dapat dicapai atau tidak. Apabila tidak, maka Sobat Mbledos bisa menetapkan tujuan lainnya.

4. Relevan (SESUAI)

            Sobat Mbledos perlu melakukan hal-hal yang relevan dengan bisnis yang digeluti. Hal tersebut untuk mendukung perkembangan bisnis Sobat sehingga dapat terus melangkah menuju target yang sudah ditetapkan.

            Poin ini menginginkan Sobat Mbledos untuk senantiasa belajar dan memahami seluk beluk bisnis yang sedang dilakukan, seperti misalnya dengan mengikuti kursus atau pelatihan yang berhubungan dengan bisnis Anda. Selain itu kesiapan sumber daya manusia atau tim juga diperlukan untuk menjaga agar target yang sudah ditetapkan dapat tercapai.

5. Time-Bound (JANGKA WAKTU)

            Waktu adalah hal yang sangat penting dipikirkan untuk mencapai target Anda. Tanpa ada waktu, proyek Anda tidak akan pernah selesai. Tetapkan batas waktu sehingga Sobat Mbledos dapat melihat apakah langkah-langkah yang sudah dilakukan sudah sesuai untuk mencapai target tersebut atau terdapat beberapa hal yang dirubah untuk mengejar efisiensi.

            Sobat Mbledos yang ingin melakukan bisnis dan bermitra dengan kami DimsumMbledos dapat segera menuju www.dimsummbledos.com atau 0853-4000-4967. Segera temukan target Sobat Mbledos sendiri!